iBz

ink down the beautiful

Tuesday, January 01, 2019

2019 and what ive learned so far


Aku ga terlalu berharap lebih tapi setidaknya tidak ada penyeselasan atau bad decision yang aku buat, karena emang sudah waktunya untuk berpikir matang. Namun aku agak stuck between melakukan hal yang aku inginkan dan fokus buat masa depan aja. Both is okay sih sebenarnya.



+what ive learned
1.   Aku belajar bahwa semakin aku cinta diriku sendiri, semakin aku egois. Sadar gak sadar memang gitu. Kita merasa bahwa kita deserve better padahal kita ngga melakukan suatu yang cukup untuk membuat orang senang. Kita mulai fokus ke diri kita sendiri dan bersikap bodo amat, padahal simpati ke orang lain juga perlu, memiliki kontak kepada orang lain juga perlu. Tidak melulu diri kita sendiri. Keluar jalan jalan sendiri memang enak, me time memang perlu, itu membuat kita mandiri. Tp jangan lupa lingkungan sekitar juga.

2.   Aku belajar untuk speak up tentang apa yang aku rasakan, terbukalah. Cerita apa yang aku rasakan, yang aku inginkan, dan yang aku butuhkan, ketika aku sudah tidak merasa nyaman, perasaan yang lama lama menghilang lebih baik ditinggalkan walaupun terkadang hati kita tidak tega, merasa takut untuk menyakiti. Karena itu sebenarnya untuk diri kita sendiri.

3.   Jangan takut untuk mengatakan”tidak”. Its okay kalau kita tidak merasa nyaman dalam hal tertentu, its okay untuk menolak ajakan orang. Tidak semua harus kita iya-kan. Tidak semua harus kita lakukan agar orang senang dengan kita, tapi kita sebenarnya terbebani dengan hal tersebut.

4.   Move on. Ga tau kenapa tapi aku gampang sih move on ntah dari sahabat sendiri atau mereka-mereka itu. Mungkin karena aku juga cinta aku sendiri ya, dan rasa yang aku kasih tidak sebesar rasa cinta pada diriku sendiri. Hehe. Pokoknya jangan stuck ke mereka yang udah jelas tidak menginginkanmu. Kalau coba berusaha ngga apa sih,tp ketika tau bahwa usaha kita sia-sia yaudah, jangan buang buang waktu.

5.   Make yourself be your own priority. Jadikan dirimu sebagai prioritasmu sendiri. Tentang kesehatanmu, pendidikan, keluarga, dirimu sendiri and etc kalian tau lah maksudnya gimana, yang jelas prioritaskan dirimu dahulu apa lagi kalo itu berhubungan dengan goals kalian. 

6.   Ramah. Ga tau aku merasa jadi orang ramah itu penting, selain ramah juga punya rasa peduli dan empati ke orang lain. Aku disini juga belajar sih, ramah perlu tapi jangan terlalu ramah karena jatuhnya jadi murahan.

7.   Hemat. Hehe aku dulu suka menabung lama lama suka makan jadi ga bisa hemat, jadi sebisa mungkin untuk save your money. Jangan terlalu boros.

8.   Julid dan suka mengkritik orang. I used to be like that, jujur aja ada orang ngelakuin ini dan responku buruk, ehh tau tau ternyata aku juga melakukannya “the sin you mock today, could be the sin you commit tomorrow” – dosa yang kamu jelekkan hari ini bisa jadi dosa yang akan kamu lakukan besok. Aku ngerasainnya for real. Dan julid,please stop being julid guys. Ga baik dan ga semua orang suka mendengarkannya. Lagian sebenarnya banyak hal yang lebih asik dibahas dari pada bahas orang lain kan?

7. Jaga kesehatan. Kesehatan itu penting sekali, makan teratur, olah raga, meditasi heheh dan lain-lain. selama ini yang agak susah buat aku sih makan sayur, soalnya ga doyan dan olahan-olahan sayur itu rasanya membosankan. 

8. productive. spend a lot time dengan aktivitas ntah itu cuma ngopi, kumpul sama temen, baca buku dan nonton film, yang penting aku melakukan aktivitas, jangan sampe terlalu sering leha-leha di kamar.

2 comments:

  1. ada niatan buat lanjutin bridge to therabitia 2 nggak? kepo nih aku :) udah lama nunggu mau dulu dm tapi masih dilema :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh gimana yaa.. pengen lanjut tp belum ada waktu :(

      Delete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © iBz | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com